Senin, 17 Juni 2013

REOG PONOROGO-Kesenian Kebanggaan Indonesia

 

Siapa yang tidak kenal salah satu kesenian kebanggaan Indonesia yang satu ini, yang beberapa tahun yang lalu sempat menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia. ya, itulah Reog Ponorogo, karena keindahan dan keunikanya Negara tetangga sempat mengeklaim kebudayaan ini milik mereka, tetapi karena gerak cepat anak bangsa yang tidak rela kesenian warisan nenek moyang direbut, akhirnya Malaysia gagal untuk merebut kesenian yang menjadi kebanggaan rakyat jawa timur khususnya ponorogo.
Reog sedikit ada kemiripan dengan tari kuda lumping yang terkenal di jogja dan jawa tengah. tarian ini penuh dengan aroma mistis karena konon para pemain reog ini sengaja dimasuki roh agar kuat menggangkat reog yang katanya mencapai puluhan kilo beratnya. disamping ada reog ada pula warok. reog juga disebut singa barong topeng raksasa berbentuk kepala singa dengan hiasan burung merak yang sangat indah dan yang unik adalah pemain yang akan memainkan singa barong menggunakan giginya untuk mengangkat topeng yang sangat berat ini. menurut kepercayaan para pemain singa barong ini melakukan ritual sebelum pentas dan menganggkat si barong.
Adapun sejarah adanya  tari reog ini berawal saat Raja Ponorogo berniat akan melamar putri dari Kediri yang bernama Dewi Ragil Kuning. namun di tengah perjalanan rombongan raja ponorogo dicegat oleh  raja singa barong yang memiliki pasukan singa dan burung merak. sedangkan raja ponorogo mempunyai pasukan warok yang berpakaian hitam-hitam dan para warok ini mempunyai ilmu hitam yang mematikan. ada pula versi cerita lain dari reog yaitu reog adalah tarian yang merupakan sindiran terhadap raja Majapahit pada waktu itu yang bernama Prabu Brawijaya yang beristrikan seorang putri cina. sang raja terlalau dikendalikan permaisuri  sehingga sering tidak memenuhi kewajibanya terhadap rakyat. sehingga rakyat marah dan dibuatlah topeng barongan yang berasal dari kulit kepala harimau jawa untuk melambangkan sang raja dan merak yang menungganginya di ibaratkan sang permaisuri pasukan ini dipimpin oleh Demang Ki Ageng Kutu Suryongalah yang melindungi pasukan reognya dengan pasukan warok yang mempunyai kekuatan sakti mandraguna.
Sekarang ini reog merupakan kesenian wajib yang selalu ada di setiap ada acara daerah ataupun festival kesenian baik itu di tingkat nasional ataupun di mancanegara. tampilan reog ponorogo sangat khas yaitu hampir seluruh para pemain pria menggunakan kaos bermotif garis-garis baik itu hitam putih ataupun putih merah. selain itu ada juga pasukan penunggang kuda yang biasanya ditarikan oleh gadis-gadis muda. ada pula yang menaiki di atas kepala singa barong. menurut sesepuh reog yaitu Mbah Wo Kucing Reog itu gak perlu ndhadi (reaksi tak sadar diri) kalo ndhadi itu jathilan, dalam reog yang diperlukan hanyalah keindahan. tetapi memang tidak perlu dipungkiri bahwa untuk menarikan tarian reog ponorogo ini memang beraroma mistis tetapi pada intinya pada tarian reog ini yang terpenting adalah makna dibalik tarian ini.

1 komentar:

ivan verys mengatakan...

Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




agen tiket murah

Poskan Komentar