Sabtu, 15 Juni 2013

Presiden SBY Banggakan Prestasi Anak-Anak Muda Indonesia di Ajang Internasional


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi internasional generasi muda Indonesia, yang telah meraih Absolute Winnermengalahkan peserta dari  20 negara pada Asian Physics Olympiad / APhO (Olimpiade Fisika - Asia)  ke-14 di Bogor, 5 - 12 Mei ini.

"Sekali lagi saya bangga nama Indonesia kembali harum di kancah Internasional karena generasi muda kita," kata Presiden melalui akun twitternya @SBYudhoyono Minggu (12/5) malam.
Pada Olimpade Fisika Asia itu, Tim Merah Putih total meraih 2 emas, 2 perak, 2 perunggu dan 2 honorable mention di APhO. Olimpiade ini diikuti oleh 20 negara di kawasan Asia  termasuk China,  Australia,  Azerbaijan,  Hongkong, India, Kamboja, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Macao, Malaysia, Mongolia, Rusia, Saudi Arabia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Turkmenistan, Thailand, dan Vietnam.
Indonesia berjaya pada dua ajang internasional itu. Himawan Wicaksono dinobatkan sebagaiAbsolute Winner pada Olimpiade Fisika Asia. Selain itu, Josephine Monica meraih predikat best female participant.
Gelar absolute winner yang diraih siswa/i Indonesia dalam tim merah-putih di IPhO 2013 ini, mengulang kisah sukses yang sama di Olimpiade Fisika Internasional (International Phisics Olympiad atau IPhO) ke-37, diselenggarakan di Singapura pada 8-17 Juli 2006. Mengalahkan para raksasa olimpiade fisika internasional.
Sementara dari bidang lain, Presiden SBY juga menyampaikan kabar  gembira karena          Indonesia juga mendapatkan tiga medali emas pada kejuaraan Taekwondo Asia ke-11 yang diselenggarakan di Myanmar, Sabtu (11/5).

Sebelumnya, pada bulan April, Presiden Yudhoyono juga mengapresiasi prestasi putra-putri Indonesia dalam perlombaan bergengsi, Konferensi Ilmuwan Muda Internasional di Bali yang diikuti 23 negara melalui akunnya.

"Melody, Mariska dan enam pelajar lainnya meraih medali dan awards dalam International Conference of Young Scientists di Bali. Saya bangga," tulis Presiden.

Ia kemudian mengimbau seluruh anak Indonesia untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di pentas internasional.

Siswa Cerdas
Secara terpisah Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief mengatakan, anak-anak muda Indonesia bukan hanya membanggakan, tetapi juga membuktikan bahwa dengan metode yang tepat, murah, dan sungguh-sungguh sebenernya kita mampu menghasilkan siswa-siswa yang cerdas dan mampu bersaing di internasional.
“Berkali-kali olimpiade di berbagai bidang siswa/i kita mampu berprestasi  di tingkat internasional. Sudah saatnya metode yg tepat, dan didukung kesungguhan ini dipertimbangkan untuk menjadi model dan modul sistem pendidikan dasar dan menengah,” ujar Andi.
Ia menyampaikan ucapan selamat kepada para anak muda yang mencapai prestasi menggembirakan di dunia internasional, disertai harapan semoga Indonesia makin kuat dengan prestasi-prestasi mereka. (WID/ES)

0 komentar:

Posting Komentar